AS RODA MOBIL

AS RODA MOBIL

AS RODA LUAR DALAM/CV JOINT  OUTTER  INNER JOINT MOBIL


AS RODA LUAR DALAM/CV JOINT OUTTER INNER/OUTTER JOINT INNER JOINT

As roda adalah salah satu komponen kaki kaki mobil yang salah satu paling banyak di keluhkan oleh para pemilik mobil/kendaraan, para pemilik kendaraan mengeluhkan bunyi/suara tidak nyaman/risih pada waktu kendaraan mereka belok patah terdengar suara kretek kretek/gretek gretek/kletek keletek dan pada waktu mobil/kendaraan melaju lurus terdengar bunyi/suara tek tek cetek cetek ctek ctek, mereka bingung dan saya sendiri pun masih suka bingung sebenarnya apa sich sebenararnya penyebab timbulnya bunyi suara kretek kretek gretek kletek keletek tek tek cetek cetek ctek ctek tsb. Dalam kasus kasus tertentu saya juga masih sering di bingungkan kenapa setelah di ganti dengan as roda luar dalam yang baru bunyi/suara kretek kretek gretek kletek keletek tek tek cetek cetek ctek ctek tsb masih tetap ada??? Ternyata masih ada komponen komponen lain yang keluaran bunyi suaranya mirip dengan bunyi suara as roda luar dalam yang rusak misalkan :

- Stick/Setick as roda kiri kanan luar dalam drat tempat duduknya as roda nya rompal rusak sehingga as roda diamnya/duduknya tidak kuat/masih goyang sehingga lama kelamaan tambah longgar
- Laher/bearing as roda dalam gantung sebelah kanan rusak bunyi
- Rack end/Long tierod kaki kaki mobil rusak aus sudah bunyi
- Laher roda/bearing roda mobil
- Spi/Sepi as roda tidak masuk pada gotnya/spi/sepi as roda terlalu kecil sehingga as roda kaki kaki mobil bisa lepas/copot
- dll

AS RODA ( Kopel Joint/KOPEL JOINT )
As atau poros adalah pusat atau sumbu dari suatu lingkaran atau roda kendaraan bermotor ataupun tidak bermotor. Pada roda mobil, as dilengkapi dengan bantalan agar putarannya menjadi licin serta perangkat untuk meredam kejutan yang dikenal sebagai shock absorber atau suspensi.

AS RODA/CV Joint Mobil  kendaraan/Mobil
Pada kendaraan bermotor, as mempunyai beberapa fungsi sebagai berikut:
Menjalankan kendaraan, dimana as roda dihubungkan dengan mesin penggerak kendaraan,
Pengereman kendaraan, dimana gerak roda kendaraan dihentikan oleh perangkat rem yang dihubungkan dengan mekanisme as roda,
Mengendalikan arah jalannya kendaraan melalui setir dan sistem kemudi kendaraan.(wikipedia)

AS RODA ada 2 jenis : AS RODA LUAR Atau CV JOINT OUTTER / CV JOINT dan AS RODA DALAM Atau CV JOINT INNER /INNER JOINT

BAGIAN BAGIAN KOMPONEN AS RODA :
- Stik As Roda Kiri Kanan
- As roda luar/Joint outter/CV Joint
- As Roda dalam /Joint Inner/Inner Joint
- Boot/Karet penutup as roda
- Mur As roda
- grease/gemuk pelumas as roda
- Karet Stabilizer As Roda
- Gantungan As roda
- Laher/bearing gantungan as roda

Ciri-ciri AS RODA / JOINT OUTTER / CV JOINT  Luar Mobil Rusak :
Pada waktu belok akan terdengar bunyi "gretek keretek kletek keletek  kretek kretek", kalau bunyi yang terdengar pada waktu steer diputar ke kanan maka as roda yang rusak sebelah kiri dan sebaliknya.
Ciri-Ciri AS RODA DALAM/JOINT INNER  Mobil Rusak : Bunyi suara tek tek ctek ctek cetek cetek akan terdengar pada waktu kendaraan berjalan lurus.

Cara Merawat As Roda/CV Joint Mobil : 1. Sering-seringlah dicek kalau boot as roda( karet Penutup as roda) rusak atau robek, kalau robek akan mengakibatkan gemuk pelumas as roda akan keluar dan as roda menjadi kering, sehingga as roda akan menjadi cepat rusak.
                        2. Memberi gemuk/pelumas secara rutin
                        3. Jangan terlalu sering Belok patah.

Cara membedakan bunyi As Roda dengan Bunyi suara Long tierod/Racked rusak adalah dari lamanya bunyi suara gretek gretek/kletek keletek/kretek kretek :
- Bunyi suara As Roda : Bunyinya lama dan Panjang
- Bunyi suara Long tierod/Rack end : Sekali kali dan pendek

Faktor-Faktor yang Membuat As Roda Cepat Rusak :
- Drat Stick as roda rusak ( Rompal )
- Boot as roda Sobek sehingga gemuk/grease habis
- Spi As roda tidak terpasang dengan baik
- Qualitas As Roda
- Velg Mobil tidak standar
- Kecerobohan montir sewaktu pemasangan awal, banyak kerikil halus dan kotoran halus bercampur dengan gemuk/grease.

PENYEBAB AS RODA MOBIL COPOT

Pernah mengalami as roda copot  sehingga tidak bisa masuk gigi Persneling/transmisi ?
Faktor-faktor penyebab as roda copot adalah sbb : As roda yang yang biasanya copot biasanya adalah as roda tengah atau biasa juga di sebut Inner Joint sangat jarang sekali as roda luar ( cv joint/Outter ) copot :
1. Faktor kecerobohan montir sewaktu pemasangan spi as roda ( spi as roda lepas ), spi belum benar-benar masuk pada got nya sehingga as roda tidak terkunci dengan kuat.
2. Gigi Stick/Setick as roda sudah pada tipis ( ini juga salah satu faktor penimbul bunyi suara pada as roda )
3. Belum dipasangnya besi Stabil.

KASUS/MASALAH RUMIT MENENTUKAN PENYEBAB BUNYI/SUARA KRETEK KRETEK/KERETEK KERETEK/KLETEK KELETEK WAKTU BELOK PATAH KE KIRI KE KANAN

Hampir 99% masalah PENYEBAB BUNYI/SUARA kretek keretek kletek keletek waktu belok patah ke kiri ke kanan adalah AS RODA LUAR/CV JOINT OUTTER. Dan apabila anda pada suatu saat yang membingungkan ternyata setelah mengganti komponen/suku cadang as roda luar/cv joint outter dengan yang baru ternyata bunyi/suara kretek keretek kletek keleteknya masih ada, sebelum memvonis as roda luar/cv joint outter yang baru bermasalah maka komponen lain yang harus di cek adalah :

- Rackend/Long tierod ( Sebaiknya di ganti jangan hanya di beri gemuk/grease )
- Laher roda ( Sebaiknya di ganti )
- AS RODA DALAM/CV JOINT INNER ( bisa di bersihkan kemudian di beri gemuk/grease, penggantian as roda dalam dengan yang baru adalah alternatif sangat terakhir ).

Mudah mudahan PENYAKIT MASALAH KELUHAN bunyi/suara kretek keretek kletek keleteknya hilang.

Karena as roda adalah salah satu bagian dari KAKI KAKI MOBIL maka silakan anda baca juga artikel terkait dengan masalah as roda :

- BUNYI PADA KAKI KAKI MOBIL
- MERK/MEREK AS RODA MOBIL
- PERSAMAAN SUBSTITUSI AS RODA MOBIL
- HARGA AS RODA
- MUR AS RODA
- AS RODA LUAR DALAM MOBIL
- MASALAH KAKI KAKI MOBIL
- KARET STABIL/STABILIZER MOBIL

MERK HARGA AS RODA LUAR DALAM/HARGA CV JOINT OUTTER INNER/HARGA OUTTER JOINT INNER JOINT HYUNDAI KIA TIMOR MAZDA FORD LASER BIMANTARA
Pencarian :

- Penyebab as roda luar dalam rusak harus ganti
- Akibat As roda mobil rusak harus ganti
- Cara Merawat as roda
- cara memperbaiki as roda
- Posisi as roda
- Jumlah as roda dalam satu mobil
- Merk Merek Harga as roda mobil

MERK HARGA MASALAH KELUHAN PERMASALAHAN JUMLAH LETAK POSISI FUNGSI MANFAAT KEGUNAAN BUNYI SUARA PENYEBAB AKIBAT CIRI CIRI TANDA TANDA GEJALA TIPS CARA MERAWAT MEMPERBAIKI MENGGANTI SPAREPART ONDERDIL KOMPONEN SUKU CADANG AS RODA MOBIL AS RODA LUAR MOBIL AS RODA DALAM MOBIL AS RODA LUAR DALAM MOBIL CV JOINT OUTTER MOBIL CV JOINT INNER MOBIL KIRI KANAN LUAR DALAM MOBIL JUMLAH AS RODA MOBIL JUMLAH AS RODA LUAR MOBIL JUMLAH AS RODA LUAR DALAM MOBIL LETAK POSISI AS RODA LUAR DALAM MOBIL SEAL AS RODA LUAR SEAL AS RODA DALAM MOBIL MERK MEREK HARGA AS RODA COPOTAN / REBUILD HARGA AS RODA AKIBAT AS RODA MOBIL RUSAK PERSAMAAN AS RODA LUAR DALAM MASALAH PERMASALAHAN KELUHAN BUNYI AS RODA WAKTU BELOK KIRI KANAN KIRI TANDA TANDA CIRI CIRI GEJALA GEJALA AS RODA MOBIL RUSAK AUS MAU COPOT, HARGA AS RODA LUAR DAN HARGA AS RODA DALAM NAMA NAMA KOMPONEN KAKI KAKI MOBIL YANG MENGELUARKAN BUNYI SUARA KRETEK KRETEK KLETEK KLETEK WAKTU BELOK HARGA BOOT/KARET PENUTUP AS RODA LUAR DALAM MUR AS RODA LAHER BEARING GANTUNGAN STICK/BATANG COPOTAN REBUILD REKONDISI AS RODA LAHER GANTUNG AS RODA DALAM MOBIL STICK AS RODA MOBIL SETIK AS RODA MOBIL SPI AS RODA MOBIL SEPI AS RODA MOBILCARA MENGATASI AS RODA LUAR DALAM BUNYI/SUARA FUNGSI DAN CARA KERJA AS RODA LUAR DALAM CARA MEMPERBAIKI MENGGANTI AS RODA BERAPA JUMLAH AS RODA KAKI KAKI MOBIL HYUNDAI KIA TIMOR BIMANTARA CAKRA NENGGALA EXCELL 1 2 i ii MAZDA FORD LASER, BUNYI SUARA KRETEK KRETEK GRETEK GRETEK KERETEK KLETEK KELETEK WAKTU BELOK PATAH KIRI KANAN BUNYI SUARA TEK TEK CETEK CETEK CTEK CTEK AS RODA DALAM WAKTU MOBIL/KENDARAAN LURUS MOBIL TIMOR DOHC SOHC HYUNDAI KIA BIMANTARA CAKRA NENGGALA EXCELL 1 2 i ii MAZDA FORD LASER

MASALAH MERK HARGA AS RODA LUAR / CV JOINT OUTTER JOINT / CV JOINT AS RODA DALAM CV JOINT INNER JOINT HYUNDAI Accent Verna Avega Atoz Trajet Elantra Getz Matrix i10 i20 BIMANTARA Cakra Nenggala, KIA Visto Picanto Pride Carens 1 2 Carnival Bensin Diesel Shuma Sportage 1 2 Sedona Spectra Rio, TIMOR Sohc Dohc Injection Injeksi Karburator , FORD LASER FORDLASER GL 1.3 CC Th 80 - 84 Ex Taxi 1.3 CC Th 86 - 98 Ghia 1.3 CC Th 86 - 89 Gala 1.6 CC Sonic 1.3 CC TX3 injection Champ 1.8 CC Th 90 Ford New Laser Ghia Injection 1.6 CC Th 95 - Linx 1.8 CC Th 95- TX5 1.6 CC Th 84-88, Ford Telstar TX5 Thunder ( Saloon dan Hatch Back ) dan TX5 Telstar TX5 Grand 2.0 CC Th 89 - , Ford Telstar TX5 Challange Th 93 - Telstar TX5 Briliant Th 93 - Escape Ranger Everest, MAZDA Kotak 808 323 Th 79 323 Th 80- 84 1.3 cc Elite Th 86 1.3 cc Trendy Th 87 - 89 1.5 cc 323 Interply 1.6 cc Astina 1.8 cc Familia 1.6 / 1.8 cc Lantis 1.8cc Mr 90 Vantrend 616 Th 73 - 76 626 Th 80 - 84 ( Kebo) 626 LX Th 84 626 GLX 1.6 cc Th 86 626 SGX 87 2.0 cc 626 2.0 cc Capella 626 New Capella 2.0 cc MX 6 Cronos 2.0 CC dan 2.5 CC E 2000 MOBIL TIMOR MOBIL TIMOR SOHC MOBIL TIMOR DOHC MOBIL TIMOR KARBURATOR MOBIL TIMOR INJECTION

AS RODA MOBIL

Anda sedang membaca artikel tentang AS RODA MOBIL dan anda bisa menemukan artikel AS RODA MOBIL ini dengan url http://azmot.blogspot.co.id/2011/01/as-roda-mobil-hyundai-kia-timor-mazda.html , Terima kasih atas kunjungan anda dan artikel AS RODA MOBIL Ini mudah mudahan bermanfaat buat anda, Link Azis Motor Depok : AS RODA MOBIL Ini sebagai sumber link aslinya, Terimakasih.