FORD LASER

MOBIL FORD LASER 

FORD LASER PRIBADI/FORD LASER EX TAXI DEPOK

Di postingan kali ini saya akan sedikit bercerita tentang mobil ford laser khususnya FORD LASER EX TAXI Th 86-98 terutama tentang kesan-kesan saya yang begitu agak mendalam terhadap mobil ford laser ex taxi ini.

Masa kejayaan FORD LASER versi saya ( Azis Motor Depok ) terutama di daerah Depok dan sekitarnya kurang lebih Th 90-an, dimana FORD LASER pribadi GHIA th 86 89 dan yang ex taxi dan mobil taxi nya masih begitu sangat banyak berkeliaran di jalanan. Mobil  FL ( Ford laser GHIA 86 89  pribadi dan Ford laser Ex Taxi ) waktu itu masih pada sehat- sehat, mobil pribadi lulusan TAXI BLUE BIRD dan TAXI GAMYA waktu itu benar-benar dalam kondisi top,  baik Body Mobil, Interior, KAKI KAKI dan Mesin mobil kecuali mungkin bagian Transmisi Mobil yang sedikit agak Rewel. Tetapi kelemahan Transmisi ini tidak terlalu begitu menghawatirkan karena Supply komponen Sparepart/Onderdil/suku cadang untuk mobil ford laser ini begitu sangat banyak, sampai kebagian terkecil transmisi pun ada ecerannya, Sparepart NO Problem.

Importir begitu sangat bersemangat untuk menyediakan sparepart mobil FL ini karena begitu banyakna Pool Taxi yang menggunakan mobil Ford laser. Qualitas barang dari mulai sparepart Lokal, Taiwan, Thailand, Singapore, Jepang bahkan Originale/Asli  masih banyak tersedia. Bukan hanya onderdil baru saja yang tersedia, komponen Onderdil/Sparepart suku cadang Copotan EX SINGAPORE JEPANG Masih banyak beredar di pasaran. Benar- benar masih "surganya"  Mobil Ford Laser waktu itu, sampai berdirilah dari para penggemar mobil FL ini Klub/Club Ford laser di mana-mana dari mulai hanya sekedar kenalan, tukar pengalaman, jalan bareng dll.

Bagaimana nasib mobil fordlaser sekarang ? Mobil Fordlaser sudah mulai banyak menghilang disekitar depok jakarta dan sekitarnya, mobil ini sudah mulai banyak di "Ekspor" ke luar kota bahkan ke luar pulau jawa, supply sparepart/onderdil mobil ini sudah berkurang drastis jangankan nyari barang jeroan yang kecil kecil nyari barang/order barang yang dulu kaya kacang goreng saja sekarang sering tidak adanya, barang copotan yang dulunya melimpah sekarang mulai agak sulit mencarinya. Saya garis bawahi disini komponen sparepart/onderdil mobil FL ini bukannya sudah tidak ada tetapi Relatif lebih sulit mencarinya, tidak segampang dulu. Azis Motor Depok  juga berkembang awalnnya dari sparepart/onderdil ford lase/FL he he he...

KATEGORI / PADANAN MOBIL FORD LASER

- Komponen/suku cadang/onderdil/sparepart Ford laser GHIA Tahun 86 89 1.3 CC dan yang ex taxi memiliki persamaan dengan Mazda 323 th 86 ELITE 1.3 CC dan Mazda 323 87 89 TRENDY 1.5 CC kecuali body/bodi mobil. Meskipun Mazda 323 trendy memiliki cc mesin mobil 1500cc tetapi komponen suku cadang mesin mobil  ford laser GHIA dan yang ex taxi 1.3 cc tetap masih bisa dipakai dan sama.
- Sedikit catatan Mobil Ford Laser GL th  82 83 84 memiliki mayoritas persamaan komponen suku cadang dengan Mazda 323 th 82 83 84, Mazda 323 ELITE th 86 TRENDY tahun 87 88 89 dan ford laser GHIA pribadi dan ex taxi.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MAZDA 323 ELITE DAN MAZDA 323 TRENDY hampir sama dengan FORD LASER GHIA TAHUN 86 87 88 89.

KELEBIHAN MOBIL FORD LASER ( Kondisi Sehat ) :

- Irit  BBM ( Bensin/Premium Irit )
- Mesin Mobil Bandel/Jarang Mesin Panas/Overheat
- Jalan ke luar kota/ kemanapun Ok tanpa harus buka kap mesin
- Kaki- kaki mobil lumayan kuat
- Sparepart memiliki Persamaan dengan mobil 323 Elite/Trendy th 86-89 sedikit ada Persamaan Sparepart dengan Mobil Timor

KELEMAHAN/KEKURANGAN MASALAH PERMASALAHAN KELUHAN MOBIL FORD LASER

- Gigi Transmisi/Persneling Suka Loncat/Pindah Sendiri
- As Roda Suka Copot ( diatasi dengan pasang Besi  Stabil )

INFO SPAREPART/ONDERDIL MOBIL F0RD LASER EX TAXI/GL DAN MOBIL MAZDA 323 82-84/86-89


Kabel Kopling Mobil Ford Laser Ex Taxi/GL/Ghia


Kabel kopling Ford Laser Ghia Th. 86-89 memiliki Persamaan Sparepart dengan Mobil Mazda 323 Elite/Trendy Th. 86-89, Mobil Ford Laser GL Th. 82-84 memiliki Persamaan Onderdil dengan Mobil Mazda 323 Th. 82-84. Sedangkan mobil ford laser ex taxi hampir semua mempergunakan sistem Master Kopling dengan Minyak Rem sebagai tenaga pendorong untuk  tenaga pemindahan GIGI Persneling/Transmisi, Master Kopling Terbagi menjadi dua yaitu : Master Kopling Atas  dan Master Kopling Bawah, anda tidak harus mengganti master kopling ASSY/Lengkap tetapi bisa ganti Kit Kopling Atas atau Kit Kopling Bawah  nya saja. Kode/Code Sparepart/onderdil  untuk kabel kopling mobil ford laser gl th 82-84 dan mobil mazda 323 82-84 biasanya diawali dengan kode B001, sedangkan untuk mobil ford laser ghia 86-89 dan mobil mazda elite/trendy th 86-89 biasanya diawali dengan kode/code B092. Dari mobil yang telah disebutkan diatas hanya mobil ford laser ghia 87-89 dan mobil mazda trendy 87-89 yang telah mempergunakan Sistem Power Steering sebagai Standar Bawaan Mobil.

Laher Roda ( Bearing Roda ) Mobil Ford Laser ( Ex Taxi )


Laher Roda Depan Mobil Ford Laser  ( FL )  baik roda kiri/kanan terdiri dari 2 buah laher dengan Ukuran dan No Laher Roda yang sama dengan no 69349/10, Laher Roda Belakang Mobil Ford Laser (FL) juga masing-masing roda memiliki 2 buah laher dengan No Laher Roda yang berbeda ukuran yang sebelah dalam 45449 dan yang sebelah luar 11949. 


Faktor penyebab yang membuat laher Roda awet/Tahan Lama Atau Cepat Rusak  bukan hanya dipengaruhi oleh Qualitas/Mutu laher roda melainkan di dukung juga oleh faktor-faktor lain seperti :

1. Tempat duduknya laher yang biasa kita sebut Nap Roda  dan Knukle Roda untuk laher roda depan dan Spindle laher untuk roda belakang
2. Seal Laher Roda Depan  yang pada FL terdapat masing-masing 2 buah yaitu Seal Laher Roda Luar dan Seal laher Roda Dalam dan pada laher roda belakang hanya terdapat satu buah seal laher roda.
3. Gemuk/Grease yang Berfungsi untuk melumasi laher roda ketika kendaraan bergerak
4. Spicer Laher Roda komponen yang sederhana tetapi memiliki peranan yang sangat vital, posisi tepatnya berada di tengah tengah antara dua laher roda depan mobil

RANTE/RANTAI KETENG Mobil Ford Laser ( Ex Taxi )


Rante Keteng Mobil FL terdiri dari 2 jenis :

1. Rante Keteng Single/Engkle biasanya terdapat pada Ford Laser TH. 94 akhir atau tahun 95 ke atas

2. Rante Keteng Double , rante terdiri dari 2 buah rante keteng single yang sejajar dan ukuran dan panjang yang sama, biasanya terdapat pada mobil FL th. 82 sampai th 94

BAGIAN BAGIAN KOMPONEN ASSY/LENGKAP RANTAI/RANTE KETENG Mobil Ford Laser ( FL ) terdiri dari :

1. Rante Keteng ( Double/Single )
2. Tensioner Rante Keteng ( Setelan rantai/rante keteng )
3. Dumper Chain Rante Keteng ( Terdiri dari 2 buah bantalan )
4. Packing Timing Rante Keteng
5. Gear Timing Chain ( Gigi Timing ) Rante Keteng atas
6. Gear Timing Cahin Rante Keteng Bawah

Segini dulu ya,  nanti saya Update terutama dengan bagian per bagian sparepart nya.

Artikel Terkait :

- Ford new laser ghia th 96 97 injeksi injection dohc
- Mazda 323 interplay
- Tentang Hyundai accent verna avega
- About ford laser gala sonic champ mazda 323 astina
- Ford TX 5 grand thunder brilliant challange
- Persamaan Substitusi sparepart onderdil mobil Ford laser

Mazda 626 LX GLX SGX CAPELLA CRONOS
MOBIL HYUNDAI ACCENT VERNA AVEGA MASALAH PERMASALAHAN KELEBIHAN KEKURANGAN DAN KELUHAN NYA
PELAMPUNG BENSIN ( FUEL GAUGE ) MOBIL

Next search :

MASALAH KELUHAN PERMASALAHAN HARGA KOMPONEN SUKU CADANG ONDERDIL SPAREPART KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MOBIL FORD LASER MAZDA 323  KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MOBIL FORD LASER GHIA PRIBADI DAN FORD LASER EX TAXI KELEBIHAN DAN KEKURANGAN FORD LASER GL TH 82 83 84 MAZDA 323 82 83 84 KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MAZDA 323 ELITE TAHUN 86 TRENDY TAHUN 87 88 89 FORD LASER DEPOK MOBIL FORD LASER PERSAMAAN SUBSTITUSI SPAREPART SUKU CADANG KOMPONEN MOBIL FORD LASER

Kelebihan kekurangan Keluhan kelemahan mobil hyundai accent verna avega, Masalah keluhan permasalahan Cacat penyakit bawaan mobil hyundai accent verna avega, Masalah dan permasalahan Harga onderdil spare part AC /Air conditioning Power Steering Kaki Kaki Bunyi Suara Starter Pompa bensin Rotax Komponen steer/stir Koil Ignition Coil Pelampung bensin Fiber radiator atas bawah Master kopling atas bawah Mesin Plat Kampas kopling Set Assy mobil Timing belt water pump Hyundai Accent Verna Avega Bimantara Cakra.

Harga Rante Keteng Laher Roda/Bearing Roda Kabel Kopling Mobil Ford Laser


FORD LASER GHIA PRIBADI 86 87 89 EX TAXI GL 82 83 84 MAZDA 323 82 83 84 ELITE TAHUN 86 TRENDY 87 88 89

Catatan : Tinjauan ini dilatar belakangi karena faktor keprihatinan onderdil sparepart komponen suku cadang MOBIL FL/Ford Laser  yang semakin menghilang dan lebih sulit dicari.


MOBIL FORD LASER

Anda sedang membaca artikel tentang FORD LASER dan anda bisa menemukan artikel FORD LASER ini dengan url http://azmot.blogspot.com/2011/06/ford-laser.html , Terima kasih atas kunjungan anda dan artikel FORD LASER Ini mudah mudahan bermanfaat buat anda, Link Azis Motor Depok : FORD LASER Ini sebagai sumber link aslinya, Terimakasih.